Masyarakat mulai meninggalkan cara tradisional untuk melakukan sesuatu hal dan cenderung memilih hal yang praktis dan cepat untuk dilakukan. Salah satunya dalam hal memasak nasi. Jaman dahulu orang memasak nasi menggunakan tungku dan dandang serta memerlukan waktu yang lama. Sejalan dengan perkembangan teknologi, kini masyarakat lebih memilih memasak nasi menggunakan rice cooker karena kecanggihan yang diberikan, seperti lebih mudah digunakan, praktis dan menghemat waktu.

Dibalik kecanggihan yang diberikan, ternyata muncul masalah baru yaitu nasi yang dimasak dengan rice cooker cenderung mudah basi dan tidak jarang kita temukan nasi yang menguning. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, rice cooker berbahan lapis logam cenderung menyerap bau, ini menyebabkan nasi yang berada di dalamnya ikut tercemar bau atau karena rice cooker yang jarang dibersihkan. 

Lalu bagaimana agar nasi yang dimasak dengan rice cooker tidak mudah basi, berbau dan tidak menguning ? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat nasi tetap awet dan tidak mudah basi. Salah satu cara paling ampuh adalah dengan menggunakan jeruk nipis.

Jeruk nipis adalah tanaman yang banyak tumbuh di indonesia, di dalam buah jeruk nipis terkandung banyak senyawa kimia yang bermanfaat seperti asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, vitamin a, b1, dan vitamin c. Salah satu kandungan yakni asam sitrat, memiliki konsentrasi yang tinggi pada jeruk nipis dibandingkan di dalam buah atau sayuran lainnya. 

Asam sitrat telah digunakan sejak lama dalam industri makanan dan minuman sebagai pengawet tambahan. Ekstrak dari jeruk nipis memiliki aktivitas antimikroba yang tinggi sehingga jeruk nipis mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga mampu membuat umur simpan makanan lebih lama dan mampu menciptakan aroma segar pada makanan. Berdasarkan jurnal penelitian memasak beras dengan campuran air perasan jeruk nipis mampu mengawetkan nasi hingga 2 hingga 3 hari lamanya, perlu diketahui faktor x juga mempengaruhi keawetan nasi ya.

Untuk cara memasak nasi dengan campuran jeruk nipis ini cukup mudah. Peras jeruk nipis dan masukkan air perasan kedalam wadah, lalu air perasan tadi campurkan ke dalam beras yang akan dimasak. Untuk takarannya setiap satu liter beras bisa dicampur dengan setengah perasan jeruk nipis. Selain itu agar nasi lebih awet lagi, faktor lain seperti takaran air juga harus diperhatikan, untuk takaran air yang pas kira-kira 1 ruas jari telunjuk di atas beras.

Nah itulah fungsi jeruk nipis yang ternyata dapat membuat nasi yang dimasak dengan rice cooker tidak mudah basi dan menguning. Selain penambahan jeruk nipis juga ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Selalu pilih kualitas beras yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat.