Belum makan kalau belum makan nasi, begitu kata masyarakat Indonesia. Kandungan karbohidrat pada nasi digunakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga untuk beraktivitas sehari-hari. Namun tingginya kandungan glukosa pada beras putih membuat sebagian orang menggantinya dengan beras merah agar lebih menyehatkan.

Beras merah sering dikaitkan dengan makanan sehat, dikarenakan beras merah memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti kandungan magnesium yang dapat menguatkan tulang, Zat besi dan mangan dalam beras merah berperan sebagai antioksidan dan masih banyak lagi.

Lalu, apakah benar beras merah dapat menurunkan kolesterol? Komponen aktif beras merah berupa manacolin K, berperan pada pengurangan kadar kolesterol dalam darah, serta kandungan serat pada beras merah dapat menurunkan penyerapan glukosa yang berbanding lurus dengan penurunan kada kolesterol dalam darah. 

Kandungan dalam nasi merah tersebut juga dapat mengikat garam empedu dan kolesterol di dalam usus yang akhirnya dikeluarkan melalui feses. Dengan rutin mengkonsumsi nasi merah, kamu dapat menghindari banyak penyakit yang disebabkan oleh tingginya kandungan kolesterol pada tubuh.

Nasi merah juga merupakan makanan rendah ‘indeks glikemik’. Indeks glikemik (GI) sendiri mengacu pada seberapa cepat dan seberapa banyak makanan meningkatkan gula darah seseorang setelah makan. Sehingga nasi merah baik untuk dikonsumsi oleh orang dengan penyakit diabetes. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, nasi merah juga memiliki manfaat lainnya.

Itulah jawaban apakah beras merah dapat menurunkan kolesterol, pastikan kamu juga menjaga pola makan, tidur dan olahraga ya. Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat.