Kenapa saya ga kurus-kurus padahal sudah konsumsi beras merah terus, atau jangan-jangan hanya mitos aja nih beras bisa buat diet. Eits tunggu dulu kadang memang gampang banget untuk membuat kesimpulan atas sebuah eksperiment yang tidak konsisten. Tapi kita perlu tau dulu kenapa bisa jadi makanan orang diet dan bagaiman agar efektif. karena saya sendiri punya bobot seperti beras ini, kalau katanya anak-anak berat saya kaya sekarung gabah abis panen lebih dari 100 kg. Tidak merepresentatifkan kalo beras merah memang untuk diet. Sedih sih tapi menarik untuk mempelajari mengenai fungsi produk beras merah yang memang bisa mendukung dietnya temen-temen.

Kita mulai dengan prinsip penurunan berat badan. Rumusnya gampang sebenarnya, Input lebih kecil daripada output. Oke ini pengertian yang sangat mudah untuk temen-temen resapi.Sehingga pada saat input yang ada lebih kecil dari output, otomatis pelan-pelan berat badan akan menurun karena kekurangan input ini akan membakar lemak (Fat) atau cadangan lemak yang ada ditubuh sehingga akan berakibat pada penurunan berat badan. Tapi jangan cepat mengambil kesimpulan dulu, ada lho yang sudah sampe ga makan malah tidak turun-turun dan akhirnya malah sakit. saya sering nih gini, akhirnya pas sakit malah makan banyak lagi biar imune tubuh meningkat dan akhirnya gendut lagi, kan bajingan. nah kenapa bisa begitu..? jawaban nya mudah karena input yang masuk kedalam tubuh mengandung kandungan karbohidrat / glukosa yang sangat gampang berubah menjadi lemak jenuh. Nah kok bisa, ya iyalah alasannya karena beberapa makanan tersebut memang mengandung kalori yang besar dan juga glukosa yang tidak kompleks sehingga tubuh tidak harus mengeluarkan energy banyak untuk bisa mengolahnya. jadinya walaupun inputnya lebih sedikit tapi outputnya juga ga banyak karena inputnya emang tidak kompleks. Nah itu kenapa agar bisa menjalani diet dengan baik kita harus memilih makanan yang memiliki glukosa kompleks dan juga serat yang tinggi.

Oke mulai kejawab kan kenapa akhirnya pemilihan makanan diet itu penting. oke sekarang kita masuk pada kandungan beras merah organik. Nah saya ambil contoh dari produknya Sirtanio.id ya yang temen-temen bisa dapatkan di swalayan terdekat yang ada di jawatimur, kalimantan dan sulawesi atau bisa juga di market place langsung di Sirtanio Store .

kalau dibandingkan dari sisi kadar protein dan lemak kita bisa lihat beras merah organik memang memiliki kadar yang lebih tinggi, wah berarti semakin banyak makan beras merah berarti lemak semakin banyak dong.. Ga gitu dong bambanggg, untuk bisa membuat metabolisme kita berjalan oke kita butuh protein dan lemak yang tinggi, agar apa..? agar energi yang dikeluarkan untuk melakukan metabolisme semakin besar sehingga berpengaruh terhadap output yang membesar. lalu selanjutnya kadar serat, nah ini yang membedakan antara beras merah dan beras putih. Beras Merah organik Sirtanio.id memiliki serat 6,98%. jauh dibandingkan beras putih yang hanya mengandung 2,52% serat saja. Pengaruh serat juga sama untuk memperbesar energy metabolisme. Selanjutnya adalah kadar glukosa dan Indeks glikemik. Nah lho apa itu bapaakkk…? kok susah bener. Kalau kadar glukosa oke lah ya temen-temen pasti ngerti kan. Semakin besar glukosa ya semakin besar juga pengaruhnya terhadap diet kan. ya gula ini ya energy kalau diberi gula masuk badan yang energy/kalori semakin besar dan akhirnya susah dong untuk menurunkan berat badan. Si beras merah organik Sirtanio.id terlihat bahwa punya kadar 62,08%/100 gr nya dan beras putih 73,3%/100 gr nya. Beda yang lebih dari 10%  ini lah yang mempengaruhi kenapa beras putih emang jahat banget berpengaruh terhadap pola dietnya temen-tement sehingga perlu dicari optional karbohidrat lain yang kompleks seperti beras merah organik.

Kandungannya kita udah bahas kan tapi ada satu lagi yang sebenarnya tidak kalah penting yaitu dinamakan dengan Indeks Glikemik. kalau dulu di kampus saya diajari mengenai konstanta atau satuan dan kharakteristik sebuah zat yang ditunjukkan dengan angka. Nah indeks glikemik ini menjelaskan seberapa besar atau cepat sebuah zat bisa berubah menjadi glukosa darah. atau kecepatan sebuah zat untuk bisa di metabolisme. Semakin tinggi Indeks glikemik dari sebuah zat makan semakin cepat dan kecil pula energy yang dibutuhkan untuk melakukan metabolisme sehingga cepat menumpuk didalam lemak tubuh. Nah menariknya Beras Merah Organik punya nilai IG di instagram kami di @sirtanio.id, eh bukan ya wkwkwkwkwk becanda biar ga serius-serius banget belajarnya.

Indeks Glikemik Beras Merah Sirtanio.id : 56

Indeks Glikemik Beras Putih                     : 92

Indeks Glikemik Gula rafinasi                   : 96

Gimana? sudah mengerti sekarang kenapa beras merah sebenarnya memang efektif untuk diet? dan kenapa beras putih memang menggagalkan dietnya temen-temen? ya karena kalau kita banyak mengkonsumsi beras putih sebenarnya sama dengan kita ngemil gula. terjawab kan.. eh tapi itu para kuli apartement ciputra makannya serem amat nasinya kok kurus2 aja si doi. ya iyelahhh outputnya dia yang bekerja pake fisik untuk angkut-angkut bahan bangunan kan membutuhkan energy besar. Makanya si Kuli makan nasi nya banyak banget. Lah eluuu.. cuma duduk doang dikantor sambil pegang laptop nasinya kaya kuli. ya membesar lah (Sumpah ini seperti malaikat di sebelah saya lagi membisikkan sesuatu ke kuping saya sendiri)

Dan apakah semua beras merah organik memiliki hasil seperti itu. saya mah ga tau ya tapi kalau produk diatas adalah hasil analisa lab dari produk sirtanio jadi ga perlu di ragukan lagi kan untuk temen-temen yang mau diet untuk mulai berpindah ke beras merah organik sirtanio. Oh iya satu lagi ada yang lupa. Kalau mau diet nya efektif ya jangan mentang-mentang makan nya beras merah tapi porsinya 3x lipat ya. ya kan sama aja bohong buossss. prinsipnya tetap input lebih kecil dari output. sehingga temen-temen perlu menghitung berapa kalori yang masuk dan berapa kalori yang keluar. Percuma soalnya kalau misal makan beras merah organik untuk diet tapi porsinya pake porsi Kuli tukang angkut bansos covid.

    Dengan temen-temen tau benar kandungan dan juga isi dari input yang temen2 masukkan kedalam tubuh ya harapannya dietnya bisa efektif dengan menggunakan beras merah organik Sirtanio. Lancar ya dietnya… jangan kya saya, makan trussss olahraga cuma berkedip mata doang.

Beras Merah Dapat Menurunkan Berat Badan