Banyak yang sering bertanya apakah beras merah organik baik untuk ibu hamil dan menyusui dan apakah jika diberikan kepada bayi tidak berbahaya? apakah memang kandungan pada beras merah baik untuk para ibu-ibu ini? jawabannya adalah benar beras merah baik untuk bayi dan ibu hamil dan menyusui, akan tetapi yang benar-benar organik loh ya. Kalau yang non organik malah berbahaya, loh kok bisa? kita akan bahas satu-satu

Kenapa beras merah non organik malah berbahaya..? dalam prosesnya beras merah ini hanya melewati 1 kali penggilingan, atau biasa disebut dengan hanya di pecah kulit (PK) agar tidak melepas kulit ari yang memiliki pigmen berwarna merah nya. Kenapa berbahaya..? bayangkan pada saat proses penanamannya masih menggunakan pestisida kimia, maka pestisida kimia tersebut akan menetap pada kulit ari dengan kadar yang lebih banyak dari pestisida di beras putih non organik.

Kebayang kan kenapa beras merah yang non organik banyak digunakan untuk pakan ayam dan ternak..? ya karena ada antibiotik dari pestisida kimia yang membooster hewan ternak. Apakah ibu menyusui dan bayi hewan ternak..? tidak dong. sama-sama menyusui sih tapi bukan dong..

jadi yang pertama perlu dipastikan adalah memang apakah beras merah yang Macan nyusu konsumsi benar-benar organik (mama cantik nyusu). Lihat apakah memang memiliki hasil uji lab dan logo organik atau tidak. hasil lab nya biasanya memperlihatkan hasil yang tidak mendeteksi pestisida kimia seperti beras merah punya Sirtanio.id yang mama-mama muda bisa dapatkan di Shopee nya Sirtanio Store

Setelah mama-mama tau harus memilih beras yang organik, sekarang kita bahas dari unsur kandungannya. Apa Sih yang membuat beras merah organik baik untuk mama. rupanya dari hasil tes lab diatas kita bisa lihat kalau rupanya beras merah mengandung asam folat yang cukup tinggi/100 gr nya yaitu 208,8 mcg. Wawwww asam folat kegunaan nya untuk apa toh sebenarnya? menurut artikel aladokter.com yang saya comot-comot karena saya juga bukan dokter dan yang dokter adalah orang tua saya, asam folat ini memiliki beberapa manfaat yaitu :

  1. Terhindar dari anemia
    Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, maka produksi sel darah merah akan selalu di bawah normal sehingga Anda mudah mengidap anemia.
    ͔
  2. Proses pembentukan sel-sel tubuh berjalan dengan baik
    Asam folat berkolaborasi dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, sekaligus membentuk protein baru. Senyawa protein ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA, membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik seseorang.
    ͔
  3. Mencegah bayi lahir cacat
    Pembentukan saraf pusat sudah terjadi sejak awal janin tumbuh dalam kandungan. Asam folat sangat berperan dalam mencegah terjadinya kecacatan pada otak dan saraf, seperti anensefali atau spina bifida. Nutrisi ini juga berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA, yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

Nah loh rupanya penting banget ya untuk ibu hamil, menyusui, bahkan juga untuk bayinya, dan itu jangan dimakan beras nya loh ya dimasak dulu beras nya jadi nasi baru dimakan. Untuk anak bayi bisa diblender juga nasinya jadi bubur bayi dan ingat harus organik, tau kan tadi kalau non organik seberapa berbahayanya.

Buat mama yang pengen nyoba beras merah gratis bisa langsung ke Sirtanio.id lagi bagi-bagi 1000 beras merah gratis tuh si doi. Jadi tunggu apalagi, jangan sampai karena kita menghemat-hemat dan memilih produk yang tidak tepat malah kita tidak mendapatkan manfaat malah membahayakan keselamatan keluarga. tetap sehat ya mama mama, salam dari kami yang saling peduli kesehatan indonesia