Ada beragam jenis beras beserta merk-nya yang tersedia di pasaran, namun tidak semua beras yang tersedia memiliki kualitas yang bagus. Beras sendiri merupakan makanan sehari-hari masyarakat Indonesia , oleh karena itu kita wajib selektif dalam memilih beras yang baik untuk dikonsumsi. Berikut adalah ciri-ciri beras yang berkualitas :

1. Warna bening dan sedikit kekuningan

Pastikan sebelum membeli beras, warna beras tidak putih atau putih pucat. Beras yang berwarna putih patut dicurigai mengingat banyak beras yang mengandung pemutih. Pilihlah beras yang berwarna bening dengan sedikit kekuningan , beras dengan warna ini justru merupakan beras berkualitas baik.

2. Tekstur kuat dan tidak mudah patah

Dari tekstur beras juga bisa dipastikan apakah beras ini layak untuk dikonsumsi. Caranya cukup dengan menekan beras. Beras yang mudah patah dan rapuh saat ditekan menandakan beras sudah tidak layak konsumsi. Sebaliknya apabila beras tetap kuat dan kokoh beras tersebut merupakan beras yang berkualitas.

Beras Merah Organik

3. Tidak menempel saat diremas

Dengan mengambil segenggam beras kita dapat mengetahui apakah terdapat tambahan pelicin di dalamnya. Apabila beras terasa licin saat diremas namun menempel ketika tangan dilepaskan maka patut dicurigai beras tersebut mengandung pelicin.

4. Tidak terdapat kutu

Kutu yang terdapat dalam beras menandakan bahwa beras tersebut telah berumur cukup lama. Beras yang telah berusia lama tentunya tidak cukup baik bila dikonsumsi.

5. Aroma normal dan tidak apek

Beras yang berkualitas biasanya tidak berbau dan tidak apek, apabila beras dirasa memiliki bau yang tidak sedap ataupun bau wangi yang menyengat patut dicurigai beras tersebut mengandung pewangi buatan, kecuali jika beras tersebut tergolong jenis tertentu yang menghasilkan bau khas tertentu seperti beras pandan wangi. Maka dari itu pilihlah beras yang memiliki wangi normal dan tidak berbau apek.

6. Dijual di toko terpercaya

Membeli di toko terpercaya dapat dipastikan bahwa kualitas beras yang dijual terjamin. Pilihlah toko yang memiliki reputasi baik, jangan tergiur dengan harga beras yang murah karena bisa jadi kualitas yang dijual buruk.

Itulah beberapa ciri-ciri beras yang berkualitas, banyak hal yang bisa dipertimbangkan dalam membeli beras agar tetap sehat selama dikonsumsi. Anda juga bisa membeli beras berkualitas seperti beras yang bisa dibeli secara online di marketplace favorit kamu Klik disini .