Apakah Diabetes dapat menular?

Diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan atau permanen, yang dimana pasien harus minum obat seumur hidup untuk mengatur gula darahnya dan apabila tidak berhasil mengontrol gula darah maka akan menyebabkan kematian. Lalu apakah Diabetes Dapat Menular ?

Berdasarkan data Internasional Diabetes Federation pada tahun 2020, indonesia menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi, dengan jumlah 18 juta penderita.

Apakah Diabetes dapat menular?

Penyakit diabetes tidak menular melalui udara atau kontak fisik seperti penyakit lainnya, namun penyakit diabetes menular melalui pola hidup tidak sehat dalam lingkungan sekitar. Apabila lingkungan sekitar menerapkan pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan manis berlebihan dan junkfood, sehingga kita akan cenderung ikut mengkonsumsi makanan yang sama.

Diabetes juga dapat diturunkan atau apabila adanya keluarga yang memiliki riwayat penyakit diabetes, maka anak memiliki resiko lebih besar untuk terena penyakit diabetes terutama apabila dalam pola hidup yang tidak sehat. Faktor utama penyebab diabetes adalah pola hidup yang tinggi mengkonsumsi gula, aktivitas fisik minim, stress, merkokok, kurang istirahat, obesitas dan adanya riwayat keluarga dengan penyakit diabetes.

Apakah Diabetes dapat menular?

Maka jawaban apakah penyakit diabetes dapat menular fakta atau mitos adalah fakta, penyakit diabetes dapat menular melalui pola hidup lingkungan sekitar dan riwayat diabetes dari keluarga atau orangtua. Meskipun tidak menular seperti penyakit pada umumnya, namun kita harus tetap waspada.

Oleh karena itu kita disarankan untuk rutin cek gula darah dan konsultasi dengan dokter serta menjaga pola hidup untuk mengontrol dan menghindari penyakit diabetes yang tidak dapat disembuhkan ini. Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat!