Tidak hanya beras yang memiliki manfaat bagi tubuh kita, ternyata air cucian beras ternyata menyimpan banyak manfaat yang sangat beragam bagi tubuh. Air cucian beras dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit dan wajah, selain itu juga mampu mengatasi berbagai permasalahan rambut. 

Konon katanya air beras memang sudah dipercaya sejak dulu khususnya oleh masyarakat untuk membuat rambut lebih sehat. Beberapa penelitian juga membuktikan fakta bahwa para wanita kuno di Jepang menata rambutnya menggunakan air beras. Penggunaan air cucian beras juga didukung dengan keadaan rambut para penduduk di Desa Huangluo di Cina yang memiliki rambut hitam panjang dan sehat karena menggunakan air beras untuk membilas rambutnya.

Endapan dari air cucian beras yang merupakan air tepung yang tersisa setelah beras direndam, mengandung banyak nutrisi seperti asam amino, vitamin B, vitamin E, antioksidan dan berbagai macam mineral. Kandungan tersebut dapat kita jumpai di berbagai produk perawatan rambut. Dengan kandungan tersebut dipercaya air beras dapat memberikan manfaat untuk kesehatan rambut.Yuk simak beberapa manfaat air cucian beras untuk rambut kita!

  1. Memperkuat akar dan batang rambut

Air cucian beras mampu menguatkan rambut sehingga mengurangi rambut yang mudah patah. Hal ini dapat terjadi karena adanya kandungan asam amino, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D yang mampu memperkuat batang dan akar rambut. Caranya cukup mudah, bilas rambut menggunakan endapan air cucian beras kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

  1. Mengurangi ketombe

Air cucian beras dipercaya mampu menyeimbangkan pH di kulit kepala yang dapat mengurangi ketombe. Ketombe sendiri dapat muncul karena adanya ketidakseimbangan pH pada kulit kepala. Hanya dengan membasuh rambut dengan air cucian beras, kemudian tutup kepala menggunakan handuk atau penutup rambut dan diamkan selama satu jam. Setelah itu bilas dengan air bersih.

  1. Memperlebat rambut

Rambut rontok merupakan hal yang umum dijumpai khususnya kaum wanita. Jika kerontokan terus terjadi tentu volume rambut menjadi berkurang dan rambut menjadi tipis. Untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan air cucian beras yang dipercaya dapat meregenerasi rambut karena adanya kandungan asam amino di dalamnya. Sehingga rambut dapat tumbuh lebih cepat dan lebat. Bilas rambut dengan air cucian beras setelah selesai keramas, lakukan secara rutin dua kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Menjaga warna alami rambut

Rambut yang terlalu sering terkena sinar matahari membuat warna pada rambut berubah. Khususnya bagi pemilik rambut alami berwarna hitam. Warna hitam pada rambut dapat memudar dan terlihat kusam. Dengan menggunakan air beras secara rutin, dipercaya dapat menjaga warna rambut agar tidak pudar. Cukup dengan mencuci rambut dengan air beras secara rutin , diamkan lalu bilas dengan air bersih, niscaya warna rambut akan tetap hitam.

  1. Mengusir kutu rambut

Kutu rambut menjadi masalah banyak orang karena keberadaannya yang mengganggu dan dapat menghambat aktivitas. Selain itu kutu rambut membuat orang kehilangan kepercayaan diri karena mengganggu penampilan. Air beras juga diklaim mampu menghilangkan kutu rambut yang mengganggu ini. Caranya gunakan air beras untuk membilas rambut lalu diamkan dan tutup rambut menggunakan rambut atau penutup rambut lainnya. Diamkan selama satu jam lalu bilas dengan air bersih.

Nah itu tadi beberapa manfaat air cucian beras yang dapat digunakan untuk rambut. Rambut yang merupakan mahkota khususnya bagi para wanita harus senantiasa dirawat agar tetap sehat.