Beras Merah Untuk Diet

Beras merupakan makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, sehingga beras sangatlah dibutuhkan. Beras yang nantinya diolah menjadi nasi akan menjadi sumber energi yang kaya akan karbohidrat.

Namun faktanya beras merah kurang diminati karena memang memiliki rasa yang tidak seenak beras putih, dikarenakan cenderung keras dan hambar. Padahal Beras Merah kaya akan Vitamin B kompleks, antioksidan tinggi dan kaya serat yang sangatlah bermanfaat bagi tubuh.

Disini kita akan membahas bagaimana cara memasak beras merah agar pulen dan enak sehingga tidak kalah lezatnya dengan Beras Putih yang biasa kita konsumsi.

Beras Merah Untuk Diet

Tips memasak beras merah yaitu dengan menggunakan alat bantu rice cooker, selain lebih praktis hasil tetap enak dan pulen. Berikut langkah memasak beras merah menggunakan rice cooker agar tetap pulen.

  1. Cuci beras merah dengan air lalu tiriskan
  2. Masukkan Beras Merah ke dalam panci rice cooker dan tambahkan secukupnya sesuai dengan takaran
  3. Rendam beras merah di dalam air selama kurang lebih 30 menit agar beras lebih cepat masak, pulen dan lembut
  4. Tambahkan ½ sendok makan garam untuk memberi rasa gurih pada nasi
  5. Hidupkan rice cooker dengan mode “Cooking” dan tunggu hingga masak
  6. Biarkan 10-30 menit sebelum membuka rice cooker. Hal ini dilakukan untuk membuat nasi lebih merekat.
  7. Aduk nasi agar tidak menggumpal dan gunakan mode “Cooking” sekali lagi agar nasi masak dengan sempurna
  8. Nasi siap untuk dinikmati.

Beras Merah Untuk Diet