Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita kita apa itu diabetes. Diabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula (glukosa) dalam darah tinggi. Tubuh memproduksi insulin, suatu hormon yang dikeluarkan oleh pankreas, untuk memecah gula yang dikonsumsi dalam makanan. Penurunan produksi atau pemanfaatan insulin menyebabkan diabetes. Jika tidak diobati atau tidak terkontrol, diabetes dapat menyebabkan masalah serius, seperti penyakit jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, antara lain. Beberapa di antaranya mungkin mengancam nyawa jika anda tidak mencegah diabetes.

Jenis penyakit diabetes

  • Diabetes tipe 1

Pada diabetes tipe 1 ini, tubuh benar benar berhenti memproduksi insulin karena kerusakan sel pankreas yang memproduksi insulin oleh sistem kekebalan tubuh. Hal ini sebelumnya disebut diabetes juvenile karena biasanya didiagnosis pada orang dewasa muda atau anak-anak, atau diabetes insulin-dependent, karena terapi insulin sangat penting untuk kelangsungan hidup dan pemeliharaan kesehatan yang baik

  • Diabetes Tipe 2

Diabeters tipe 2 adalah bentuk yang lebih umum dari diabetes, terhitung sekitar 90% dari kasus. Pada diabetes tipe 2, pankreas menghasilkan jumlah yang tidak memadai insulin, atau tubuh tidak mampu menggunakan insulin yang tersedia dengan benar. Diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang dewasa, dan lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Diabetes tipe 2 sebelumnya dikenal dengan diabetes onset dewasa atau diabetes tidak tergantung insulin.

Seperti informasi yang kita dengar yang menyampaikan bahwa cara mencegah penyakit diabetes, dikarenakan begitu penyakit diabetes muncul, maka penyakit diabetes maka tidak dapat disembuhkan atau permanen. Oleh karena itu kita sangat disarankan untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes.

Meskipun diabetes tidak dapat disembuhkan, penyakit ini dapat ditangani dan dikontrol. Artinya, penderita bisa mempertahankan kadar gula darah tetap dalam kadar normal sehingga tidak menyebabkan komplikasi (penyakit lanjutan yang lebih berat dari penyakit awal). Dengan demikian diharapkan penderita tetap hidup normal tanpa muncul gejala diabetes yang mengganggu.

Lalu Bagaimana cara mencegah penyakit diabetes? 

Penyebab diabetes tipe 1 tidak diketahui dan tidak dapat dicegah dengan keadaan pengetahuan saat ini. Perubahan gaya hidup yang sederhana dapat membantu dalam mencegah atau menunda timbulnya diabetes tipe 2. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes, di antaranya adalah:

  • Mengatur pola makan
  • Membatasi asupan glukosa dan makanan berkalori tinggi
  • Rutin Berolahraga
  • Menjaga pola hidup
  • Menjaga berat badan ideal
  • Rutin menjalani pengecekan gula darah, setidaknya sekali dalam setahun

Mulai sekarang, mari kita biasakan untuk menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat, istirahat cukup dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan agar terhindar dari penyakit diabetes.