otot dan lemak

Tubuh gemuk karena lemak? jangan salah sangka, otot dan lemak berpengaruh pada berat badan juga. Tidak sedikit orang yang sudah melakukan diet namun tak juga mendapatkan berat badan yang diinginkan, hal tersebut dikarenakan kita tidak mengetahui komposisi tubuh kita, apakah lebih banyak otot atau lemak. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai Otot vs Lemak dan apa pengaruhnya.

Otot dan lemak

1. Apakah berat otot dan lemak berbeda?

Dalam 1kg otot beratnya sama dengan 1kg lemak, akan tetapi lemak akan memiliki volume yang lebih besar dan serat otot memiliki kepadatanyang lebih besar juga. Contohnya seperti 1kg Batu memiliki volume lebih kecil dibangingkan 1kg Kapas.

otot dan lemak

Sehingga apabila orang A dan B memiliki berat badan yang sama namun orang A memiliki tubuh lebih ramping, hal tersebut dikarenakan orang a memiliki komposisi tubuh lebih dominan otot dan orang B lebih dominan lemak.

2. Berat badan kita betambah dari otot atau lemak?

Seperti yang sudah kita bahas pada di awal artikel, saat kita diet apakah lemak kita berkurang atau otot kita juga bertambah? Hal ini bergantung pada pola diet anda

  • Diet dengan diimbangi olahraga, hal ini kemungkinan masa otot anda berambah dan lemak anda berkurang.
  • Diet tanpa olahraga, kemungkinan hanya lemak yang berkuarang.

Sehingga apabila ingin mengetahui jawabannya adalah bergantung pada pola diet atau tubuh genetik anda.

Otot dan lemak

Jika Anda memiliki rutinitas olahraga yang dapat diandalkan dan kebiasaan makan yang sehat, jangan terlalu khawatir tentang skalanya. Jika celana Anda terasa longgar di sekitar pinggang dan T-shirt Anda terasa ketat di sekitar lengan, maka Anda mungkin kehilangan lemak tubuh dan membangun otot. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat!

Baca juga artikel kami :