Sebagai warga Indonesia, beras atau nasi merupakan makanan pokok yang wajib ada sebagai sumber asupan karbohidrat setiap harinya. Oleh karena itu masyarakat cenderung membeli dalam jumlah banyak. Apabila tidak disimpan dengan baik, terkadang muncul kutu pada beras. Tentunya hal ini menyebabkan kualitas beras menjadi menurun sehingga nutrisi yang terdapat di dalamnya dapat berkurang. Agar terhindar dari hal demikian, coba ikuti beberapa tips ini agar beras tetap bersih dan terhindar dari kutu.

1. Menyimpan beras dalam wadah kering
Jauhkan beras dari tempat basah dan suhu lembab. Suhu yang lembab dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri yang menyebabkan beras menjadi apek.

2. Menyimpan beras dengan daun jeruk
Aroma dari daun jeruk dipercaya dapat mengusir kutu beras. Caranya cukup mudah yaitu siapkan 50 gram daun jeruk lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu campurkan dalam beras berukuran 10 kg. Aroma daun jeruk ini juga dapat membuat beras terhindar dari bau tidak sedap.

3. Menambahkan bawang putih pada beras
Hampir sama dengan daun jeruk, bawang putih juga memiliki aroma khas yang tidak disukai kutu beras. Cukup iris bawang putih dan letakkan irisan tersebut pada permukaan maupun ujung-ujung beras.

4. Menggunakan cabai kering
Cabai kering juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu beras. Letakkan cabai yang dufah kering disekitar tempat penyimpanan beras. Kutu beras akan pergi dengan sendirinya akibat aroma cabai yang cukup kuat.

5. Menjemur beras di bawah sinar matahari
Cara ini cukup sederhana dan mudah dilakukan. Kutu beras diketahui tidak menyukai suhu panas, menjemur beras di bawah sinar matahari dapat megusir dan mencegah kutu berkembang biak.

Cukup mudah bukan cara mengusir kutu beras, cara ini bisa diterapkan di rumah agar beras yang disimpan tetap terjaga kualitasnya. Semoga tipsnya bermanfaat.