Di zaman modern yang serba instan ini tak sedikit orang yang memilih cara yang praktis, salah satunya adalah memasak nasi. Dibanding memasak nasi dengan cara konvensional, banyak orang lebih memilih menggunakan alat penanak nasi atau Rice Cooker. Seperti yang kita ketahui bahwa rice cooker selain untuk memasak nasi juga dapat membuat nasi kita tetap hangat dan tahan lama.

Namun memasak nasi menggunakan rice cooker tidak bisa sembarangan, dikarenakan apabila tidak memahami caranya dengan baik maka beras yang dimasak tidak matang dengan sempurna. Tapi tenang saja, kali ini kita akan berbagi tips bagaimana cara memasak nasi agar yang pulen, tahan lama, harum dan matang dengan sempurna, berikut caranya:

1. Cuci dengan Bersih

Pastikan beras dicuci dengan bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit beras. Cuci beras hingga 2x bilas, untuk cara yang lebih lengkap bisa baca artikel kami mengenai cara mencuci beras yang benar.

2. Takar air yang pas

Takaran air juga salah satu faktor penting dalam memasak nasi yang sempurna dan pulen, dikarenakan apabila terlalu sedikit air maka nasi akan keras dan apabila terlalu banyak air maka nasi akan lembek. Untuk takaran air yang pas kira-kira 1 ruas jari telunjuk di atas beras.

 

3. Tambahkan penyedap alami

Agar nasi memiliki bau yang sedap dan harum anda dapat menambahkan beberapa penyedap alami, seperti daun pandan, sereh ataupun daun salam. Dengan anda menambahkan penyedap alami tersebut maka nasi anda akan memiliki aroma yang khas dan harum.

4. Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis atau lemon

Agar nasi anda tidak cepat basi, anda dapat menambahkan 1/2 sdm air jeruk nipis atau lemon untuk 1Kg beras, anda dapat membaca artikel kami yang membahas tentang bagaimana perasan air jeruk nipis dan lemon dapat membuat nasi lebih awet.

5. Masak 2 kali

Memasak nasi 2 kali yang dimaksud disini bukanlah memasaknya kembali, namun anda dapat mengaduk nasi yang sudah matang pada rice cooker lalu tekan kembali tombol “cook”. Hal ini bertujuan untuk membuat nasi benar-benar matang dengan sempurna.

Bagaimana? Mudah bukan, jadi anda tidak perlu takut lagi nasi anda tidak matang ataupun terlalu lembek. Dengan menambahkan daun pandan juga membuat nasi anda memiliki bau yang lebih sedap dan menggugah selera. Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat!