Beras merah memiliki usia yang jauh lebih pendek daripada beras putih. Hal ini disebabkan beras merah memiliki kandungan minyak atau lemak yang lebih tinggi sehingga menjadi lebih cepat tengik dibandingkan beras putih.

Pada umumnya beras merah akan bertahan selama 2-3 bulan. Tentu saja ada cara yang dapat kita gunakan untuk menyimpan beras merah agar kualitas dan kandungan yang dimilikinya tetap terjaga. Berikut ini adalah beberapa cara menyimpan beras merah agar beras merah tetap terjaga.

1. Wadah beras tertutup rapat
Simpan beras merah dalam wadah tertutup rapat, agar asam lemaknya tidak teroksidasi dan menjadi tengik. Kulit ari yang kaya glukosa juga menjadi makanan kutu jika beras tidak disimpan rapat. Pastikan wadah telah tertutup dengan baik agar beras merah tidak memiliki kutu dan kandungan yang dimilikinya tetap terjaga dan aman di konsumsi.

2. Gunakan sistem FIFO
FIFO adalah sistem first in first out. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan metode FIFO yang mana mengeluarkan beras yang pertama masuk. Hal ini agar beras merah tetap dalam keadaan yang prima, dan kualitas yang dimiliki oleh beras merah tetap terjaga.

3. Wadah yang bebas dari uap air
Banyak orang yang belum menyadari mengenai hal ini, bahwa beras merah adalah salah satu jenis beras yang sangat mudah untuk bereaksi dengan adanya uap air. Dalam hal ini, untuk mengetahui cara menyimpan beras merah anda harus meletakkannya di wadah yang terbebas dari uap air agar beras tidak cepat berbau apek.

4. Lemari pendingin
Jika memang anda membeli beras merah dalam skala yang banyak, usahakan selalu menyimpannya di wadah yang tertutup dengan baik agar tidak ada embun atau air yang masuk pada wadah beras. Namun untuk menjaga kualitasnya agar tetap terjaga dan terhindar dari serangga atau kutu dan sebagainya, akan lebih baik untuk menyimpannya di lemari pendingin. Dalam hal ini, penyimpanan maksimal 1 minggu.

5. Jangan bersisa
Jika memang anda menggunakan beras merah, untuk anda konsumsi cobalah usahakan untuk tidak menyisakan beras. Hal ini akan membuat kondisinya kurang baik, bahkan memiliki jamur hingga mengandung racun. Nasi beras merah bisa disimpan di dalam kulkas selama 4-7 hari. Namun sebaiknya masak secukupnya saja. Penyimpanan yang tidak benar juga membuat nasi beras merah mudah ditumbuhi jamur yang bisa menyebabkan reaksi hipersensitif pada sebagian orang.

Itulah beberapa cara menyimpan beras merah yang benar. Dalam hal ini, anda harus menyimpan beras merah dengan benar agar menjaganya tetap memiliki kandungan beras yang baik dan tentunya lebih tahan lama

Berbeda dengan beras merah pada umumnya, beras merah Sirtanio memiliki usia yang lebih lama dibandingkan yang lain yaitu 6 bulan. Mengapa? Karena beras merah Sirtanio dikemas dengan dengan menggunakan wrap dan vakum.

Buat kalian yang ingin order Beras Merah Organik by Sirtanio bisa order via Shopee dan Tokopedia, atau bisa juga hubungi nomor berikut +62 813–3155–4958

beras merah organik, manfaat beras merah organik, beras merah organik terbaik. beras merah organik untuk bayi, beras merah organik untuk diet, beras merah organik untuk diabetes. beras merah organik untuk mpasi. beras merah organik yang bagus. beras merah organik surabaya, jual beras merah organik surabaya. grosir beras merah organik, jual beras merah organik murah. beli beras merah organik. manfaat beras merah organik untuk kesehatan. beras merah organik malang. beras merah organik 5 kg murah bersertifikat